Peran Pengamat Politik Alphad Syarif dalam Menyerap Aspirasi Rakyat Samarinda



Masyarakat Samarinda siapa sih yang tidak mengenal pengamat politik Alphad Syarif? Politisi ulung ini saat ini telah menjabat sebagai wakil ketua I DPRD Samarinda untuk periode 2019-2024.

Beliau sendiri sebelumnya pernah menjabat sebagai anggota DPRD Samarinda untuk periode 2014-2019. Berikut ini peran Alphad Syarif saat menjabat sebagai anggota dewan.
Mengabdi untuk Samarinda

Alphad Syarif juga menyebutkan jika hingga saat ini beliau masih mengabdi kepada Masyarakat  Samarinda, meskipun digadang-gadang maju pilkada di Penajam Paser Utara. Beliau juga menuturkan terus mengabdi kepada masyarakat di dapilnya yaitu, Samarinda Ilir, Sambutan, dan Kecamatan Samarinda Kota serta keseluruhan Masyarakat Samarinda.

Sebagai mantan ketua DPRD Samarinda periode 2014-2019, pengamat politik Alphad Syarif juga mengungkapkan akan menjalankan tugas pokok kedewanan dengan sebaik-baiknya untuk periode selanjutnya.

Menyerap Aspirasi Masyarakat Samarinda

Pengamat politik Alphad Syarif juga menegaskan saat dirinya sudah dilantik menjadi anggota dewan yang sekaligus menjabat wakil ketua I, maka otomatis dirinya adalah milik seluruh warga Samarinda. Oleh karena itu, setelah dilantik menjadi anggota DPRD Samarinda periode 2019-2024, maka aspirasi yang diserap bukan hanya yang ada di dapil, namun aspirasi dari masyarakat secara keseluruhan.

Karena warga Samarinda berhak untuk dilayani sesuai dengan aspirasi yang mereka berikan. Sudah menjadi tugas dari anggota dewan untuk memperjuangkan aspirasi  yang diberikan oleh masyarakat. Alphad sekali lagi menjelaskan jika dirinya merupakan milik warga Samarinda.

Fungsi Dewan

Pengamat politik Alphad Syarif menuturkan jika fungsi dewan, selain legislasi dan pengawasan, terdapat pula fungsi budgeting atau penganggaran. Fungsi budgeting ini berperan sebagai badan penganggaran yang membahas anggaran-anggaran APBD Samarinda. Baik itu anggaran perubahan maupun anggaran murni.

Anggaran tersebut akan dibahas bersama dengan pemkot Samarinda. Dalam pembahasan anggaran-anggaran tersebut akan disalurkan untuk pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, sosial, budaya, ekonomi, keagamaan, peternakan, pertanian, perkebunan, dan lainnya.

Intinya semua hal yang dibahas dalam anggaran APBD Samarinda tersebut dimaksudkan demi kesejahteraan masyarakat Samarinda.

Demikianlah ulasan tentang pengamat politik Alphad Syarif yang selalu memperjuangkan aspirasi masyarakat Samarinda. Dengan dilantik menjadi anggota dewan, maka beliau telah menjadi milik warga Samarinda yang siap mengabdi dengan sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakatnya.

Komentar